http://bit.ly/kerjadirumahaja
  • Minyak Kelapa, Si Penyelamat Dapur


    Hasil alam yang berharga ini sempat dilupakan oleh para ibu, kini saatnya Anda kembali menggunakannya.

    Kegiatan goreng-menggoreng sudah jadi kebutuhan dasar masyarakat Indonesia, sehingga tidak heran jika kebutuhan minyak termasuk dalam sembilan bahan pokok kita. Pada awalnya, masyarakat kita terbiasa menggunakan minyak kelapa untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun seiring
    dengan kemajuan negara ini, kehadiran minyak sawit menggantikan penggunaan minyak kelapa sehingga saat ini agak sulit untuk mendapatkannya.

    Lepas dari sisi kesehatan, sebenarnya sudah banyak pernyataan yang negatif tentang minyak sawit. Makanan yang digoreng dengan minyak sawit akan mudah tengik dan selain itu minyak sawit mudah berasap karena panasnya yang tinggi dan bisa menyebabkan kebakaran. Sebagai gantinya kita bisa menggunakan minyak sayur dan minyak dari biji-bijian. Namun, Anda tahu sendiri, minyak ini juga mahal harganya. Rasanya sayang kalo digunakan untuk deep frying yang membutuhkan minyak banyak itu.

    Solusinya, tidak jauh-jauh dari kuliner bangsa kita sendiri. Ya, saatnya kembali pada minyak kelapa! Lepas dari unsur kesehatannya, minyak kelapa lebih aman digunakan untuk menggoreng karena titik didihnya yang tinggi. Terjadinya kompor meledak karena minyak yang digunakan menggoreng terlalu panas, dapat dihindari jika Anda menggunakan minyak kelapa.

    Selain itu, karena rangkaian senyawa penyusun minyak yang berbeda dengan minyak sawit, makanan yang diolah dengan minyak kelapa tidak mudah menjadi tengik lho. Tentu ini membuat kerupuk, sambal goreng dan penganan digoreng lainnya dapat lebih lama disimpan.

    Satu alasan lagi untuk menggunakan minyak kelapa, Anda bisa membuat minyak kelapa sendiri! Bahan dasarnya santan kelapa kental, tinggal dipanaskan hingga minyaknya memisah. Hemat dan aman bukan? Jangan ragu lagi menggunakan minyak kelapa. (wo/miw)

    kapanlagi.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

http://bit.ly/dbcn-kantorkeduaku