http://bit.ly/kerjadirumahaja
  • Kesehatan Saluran Cerna Anak

    Jangan Sepelekan Kesehatan Saluran Cerna Anak
     
    Perkembangan otak anak harus didukung oleh berbagai jenis makanan. Agar semua nutrisi tersebut bisa bekerja secara optimal, maka diperlukan sistem pencernaan yang baik untuk tumbuh kembang anak.  

    Sayangnya, masih banyak orangtua yang kurang memerhatikan kesehatan saluran cerna anak karena hanya melihat fisik anak saja. Padahal, kesehatan saluran cerna sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    "Saluran cerna itu ibarat akar pada pohon. Kalau rusak, pohonnya akan mati. Hal demikian juga berlaku pada manusia," ujar Prof. Muh. Juffrie, SpA(K), Guru Besar Ilmu Pediatri Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dalam Nutritalk oleh Sari Husada (9/5). 

    Prof. Juffrie juga mengingatkan kalau saluran cerna anak harus sehat karena disanalah proses pemecahan makanan terjadi. 

    "Mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik akan menghasilkan energi yang diperlukan bagi anak untuk tumbuh kembang, termasuk proses belajar," ungkapnya. 

    Menurutnya, amat penting untuk memastikan saluran cerna anak dalam kondisi sehat karena proses pencernaan makanan terjadi sebelum makanan diabsorpsi oleh dinding saluran cerna. Setelah diabsorpsi, glukosa akan masuk ke dalam darah kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh masuk ke sel otak, sel otot dan sel kulit. 

    "Sensornya ada di otak. Jika glukosa dianggap tidak cukup, maka otak akan mengirimkan sinyal rasa lapar. Jika glukosa cukup, maka otak akan mengirimkan sinyal rasa kenyang," jelasnya. 

    Tips supaya saluran cerna anak tetap sehat adalah kelengkapan nutrisi pada makanan ditambah susu bubuk yang mengadung probiotik (bakteri baik) dapat menjaga usus anak tetap sehat. 

    Sumber :  Innes - Ghiboo.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

http://bit.ly/dbcn-kantorkeduaku