http://bit.ly/kerjadirumahaja
  • Mengatasi Bau Dapur Dengan Alami


    Atasi bau dapur yang mengganggu dengan bahan-bahan alami dalam artikel ini.

    KapanLagi.com - Sebagai tempat yang digunakan untuk mengolah berbagai makanan, maka dapur harus menjadi lokasi yang bersih dan bebas bau. Dapur yang kotor, selain berpotensi membuat bahan makanan tercemar bakteri dan jamur yang tidak baik bagi kesehatan, aroma tidak sedap saat dapur kotor juga akan menurunkan selera untuk makan, selezat apapun masakan yang Anda sajikan.

    Dapur mengeluarkan bau tidak sedap sebenarnya wajar karena ada banyak bahan makanan segar yang diolah. Aroma tidak sedap tidak hanya muncul dari dapur yang kotor, tetapi bisa saja muncul dari aroma bahan makanan tertentu, misalnya saja ikan, petai, bawang, terasi dan berbagai bahan makanan yang mengeluarkan bau menyengat.

    Anda tentu tidak ingin aroma yang tidak sedap di dapur terus ada dalam waktu yang lama. Sekalipun dapur telah dibersihkan, aroma tidak sedap seringkali masih tersisa. Menyemprot dapur dengan pengharum ruangan tentu sangat tidak dianjurkan, karena bahan kimia yang terkandung di dalam pengharum ruangan bisa mencemari bahan makanan dan alat masak di dapur.

    Jangan cemas, dapur Anda bisa harum setiap saat dengan berbagai bahan alami yang ada di dapur. Tidak sulit kok, ada banyak pilihan bahan yang bisa Anda gunakan.

    Arang

    Arang adalah salah satu bahan yang telah lama dikenal dapat mengurangi berbagai macam bau, termasuk bau dari dapur Anda. Jika Anda menaruh tempat sampah di dapur dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, letakkan beberapa potong arang di dekat tempat sampah tersebut. Maka bau tidak menyenangkan akan lenyap. Dan jangan lupa untuk segera membuang sampah, terlebih lagi jika merupakan sampah organik.

    Kopi

    Aroma amis hasil memasak ikan seringkali menempel pada peralatan memasak. Untuk mengatasi hal ini, tidak perlu menggosok dengan banyak sabun pada wajan atau panci sampai harum. Anda cukup merebus kopi pada wajan atau panci tersebut, seperti jika Anda merebus kopi. Cara sederhana ini akan melenyapkan bau ikan yang menempel pada peralatan masak.

    Kulit Jeruk Atau Lemon

    Ada bau yang tidak sedap tetapi Anda tidak tahu dari mana asalnya. Mudah saja, rebus kulit jeruk atau lemon dengan 1/2 cangkir air. Aroma segar alami yang dikeluarkan jeruk dan lemon tersebut akan membuat dapur Anda menjadi segar. Selain itu, jika Anda merasa bagian dalam microwave mengeluarkan aroma yang tidak enak, lakukan cara yang sama. Rebus kulit jeruk atau lemon di dalam microwave selama kurang lebih lima menit.

    Baking Soda

    Wastafel pencuci piring seringkali mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan menyengat. Agar aroma tersebut hilang, bersihkan dahulu badan wastafel dengan sabun cuci, bilas hingga bersih. Kemudian tuangkan setengah sendok baking soda ke dalam pipa pembuangan di wastafel. Jangan gunakan wastafel tersebut selama minimal satu jam. Lalu bilas pipa pembuangan tersebut dengan air panas. Maka aroma menyengat dari wastafel akan hilang.

    Kayu Manis, Pala Dan Cengkeh

    Sering memasak masakan dengan bau menyengat sering meninggalkan aroma tak sedap. Untuk mencegahnya, rebus saja kayu manis, pala dan cengkeh selama Anda memasak, maka aroma menyengat itu tidak akan mampir ke dapur Anda selama memasak, bahkan aroma rempah-rempah tersebut akan tetap bertahan setelah Anda selesai memasak.

    Dengan beberapa bahan alami yang mudah didapat, maka Anda tidak pelu lagi khawatir dengan berbagai bau tidak sedap yang ada di dapur Anda. Selamat mencoba dan bernapas segar selama memasak. (wo/wsw)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

http://bit.ly/dbcn-kantorkeduaku