• Tidak Ada Lagi 'I Hate Monday'!


    Senin sebagai awal hari setelah libur tidak bisa diubah lagi, namun ada banyak hal yang bisa diubah untuk membuatnya menyenangkan.

    Setidaknya dua kali selama sekolah dan bekerja Anda pasti pernah menyebut 'I hate Monday!' atau ungkapan lain dengan arti sama. Tidak bisa dipungkiri, memang membutuhkan motivasi dan semangat ekstra untuk mencapai kinerja maksimal di hari Senin. Jika Anda bersemangat, bisa jadi rekan kerja yang tidak bersemangat sehingga membuat hari Senin menjadi kelabu. Padahal apa yang terjadi di awal minggu bisa terus terbawa hingga akhir pekan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan hal-hal berikut di setiap Senin.

    Makan menu spesial

    Di hari ini Anda boleh memanjakan diri seharian dengan kuliner-kuliner istimewa. Pilih menu favorit untuk sarapan, kemudian pergilah makan siang ke restoran favorit. Sekotak es krim Baskin Robbins yang menggiurkan? Bolehlah.. Makanan yang enak cukup membantu untuk membangkitkan mood Anda, sedangkan makanan yang tidak enak akan semakin membuat Anda malas menjalani hari Senin.

    Membuat to-do-list yang pendek

    Baik aktivitas di dapur atau di pekerjaan, ada banyak hal yang harus diurusi di hari Senin. Membereskan sisa weekend dan kembali berbelanja untuk mengisi kebutuhan satu minggu ke depan sama saja dengan berdebat untuk meyakinkan klien di kantor. Belum lagi urusan laundry, merawat kebun dan sebagainya. Untuk menghindari frustrasi, buatlah to-do-list yang pendek saja dan utamakan yang benar-benar harus dikerjakan hari Senin.

    Mulailah hari dengan melakukan yang Anda sukai

    Hari Senin maunya bermalas-malasan saja. Untuk membangkitkan semangat Anda, awalilah dengan melakukan hal yang disukai. Tapi ingat untuk membatasi waktunya agar Anda tidak terlambat ke kantor atau terlena sepanjang hari sehingga banyak pekerjaan terbengkalai.

    Selesaikan paling tidak satu hal besar dari daftar rencana mingguan Anda

    Akan sangat mengganggu ketika di pertengahan minggu, Anda menemukan ada beberapa hal yang belum terselesaikan karena terlalu lama menunda untuk memperoleh cukup keberanian, energi, dan fokus untuk menyelesaikannya. Ada dua keuntungan jika Anda memilih untuk menyelesaikan tugas di awal minggu, yaitu Anda akan lebih bersemangat untuk menjalani hari karena ada desakan kepentingan; selain itu, Anda akan menjalani sisa hari di minggu tersebut dengan ringan karena sebagian besar tugas telah selesai.

    Batasi jumlah meeting

    Meeting mungkin akan sangat menyenangkan, tapi biasanya meeting terlalu panjang dan tidak produktif. Jika hari Senin Anda seperti ini, percayalah Anda hanya akan mempunyai waktu sedikit untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Tentu Anda tidak selalu dapat mengontrol kapan meeting akan diadakan, tapi jika Anda bisa memilih, jangan mengikuti lebih dari 2 meeting pada hari Senin. (wo/miw)

    KapanLagi.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.